Sun Flower - Mario World

Pages - Menu

Tuesday, September 27, 2011

MAGRADIKA 53 : LANGKAH AWAL MENCINTAI STIS


Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan institusi pendidikan kedinasan D-IV yang berada dibawah naungan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI) dan telah mengalami peningkatan status dari Akademi Ilmu Statistik (AIS).

STIS memiliki visi yaitu menjadikan STIS sebagai lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan menyiapkan peserta didik menjadi kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional di bidang statistik dan komputasi statistik dan siap pakai baik bagi BPS maupun instansi/lembaga lain. Jadi tidak diragukan lagi jika mahasiswa maupun mahasiswi lulusan Sekolah Ilmu Tinggi Statistik memiliki kemampuan yang handal di bidang statistik maupun komputasi statistik.



Akan tetapi, informasi mengenai Sekolah Tinggi Ilmu Statistik belum banyak diketahui oleh masyarakat dalam maupun luar negeri. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dan sulit jangkauan informasi, komunikasi dan akomodasinya. Tidak sedikit juga siswa, mahasiswa maupun masyarakat terpelajar yang mengetahui informasi tentang Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Bahkan banyak masyarakat yang tidak mengetahui keberadaan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik yang bertempat di Jakarta Timur ini. Oleh karena itu perlu diadakannya sosialisasi mengenai seluk beluk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik di lingkungan masyarakat.

Sangatlah beruntung bagi siswa maupun siswi yang dapat bergabung di almamater Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Meskipun penerimaan mahasiswa baru STIS tergolong rumit namun lulusan dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik tidak diragukan lagi karena telah dibimbing oleh dosen yang profesional dan berpengalaman.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “TAK KENAL MAKA TAK SAYANG”. Oleh karena itu, mahasiswa maupun mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Statistik diwajibkan untuk mengenal kampus STIS terlebih dahulu sehingga lebih mudah bagi mahasiswa untuk mencintai almamater STIS.

Adapun langkah awal untuk mencintai almamater STIS yaitu dengan mengenal lebih dekat kampus serta seluk beluk mengenai Sekolah Tinggi Ilmu Statistik yang bertempat di Jalan Otto Iskandardinata ini. Salah satu sarana bagi mahasiswa baru STIS agar lebih mengenal dan memahami lingkungan kampus dan sekitarnya adalah dengan mengikuti kegiatan MAGRADIKA (MAsa inteGRAsi penDIdikan KAmpus) yang rutin dilaksanakan oleh kampus STIS setiap awal tahun akademik.

Kegiatan Magradika berupa pengenalan lingkungan organisasi STIS yaitu sistem akademik, administrasi dan kemahasiswaan, pengenalan kegiatan kemahasiswaan di STIS, serta pengenalan lingkungan organisasi Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai induk organisasi BPS. Masa Integrasi Pendidikan Kampus menjadi tonggak awal pembentukan karakter mahasiswa yang berkualitas.

Mahasiswa maupun mahasiswi STIS berasal dari berbagai daerah di seluruh Nusantara dan ada juga mahasiswa maupun mahasiswi STIS yang berasal dari luar negeri sehingga masing - masing mahasiswa baru memiliki kesenian, bahasa, adat dan budaya daerah yang berbeda-beda. Namun, melalui kegiatan Magradika kita dapat lebih mengenal dan berbaur dengan mahasiswa dari lain daerah. Sehingga kegiatan magradika dapat membuat para mahasiswa maupun mahasiswi menjadi lebih akrab satu sama lain. Para mahasiswa maupun mahasiswi juga dapat menambah teman di list teman baruku. Jadi, selain belajar akademik kita juga dapat mengenal kesenian, bahasa, adat dan budaya dari berbagai daerah.

Magradika juga mengajarkan kepada para mahasiswa maupun mahasiswi baru tentang arti kebersamaan dan tanggung jawab. Seperti yang tercantum pada maksud dan tujuan kegiatan magradika pada point ketiga. Yaitu membentuk mahasiswa baru yang kreatif, kritis, inovatif dan bertanggung jawab.

Kami para mahasiswa dan mahasiswi baru berharap agar tujuan kegiatan magradika berjalan lancar sesuai dengan maksud dan tujuan kegiatan magradika. Selain itu, kami juga berharap kegiatan magradika dapat bermanfaat bagi para mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Statistik ketika berada di dalam maupun di luar kampus.

Jayalah Selalu Almamaterku !!!

1 comment:

  1. Blogwalking, dan nemu ini, agak telat mungkin untuk mengetahui gambaran bagimana magradika, karena udah di lalui, tapi nice post kak :D


    salam dari angkatan 54 : mysterio


    sumber Cipto Junaedy

    ReplyDelete